Breaking News
Home / Bagian Keuangan

Bagian Keuangan

Bagian Ketiga
Bagian Keuangan
 
 
  • Kepala Bagian Keuangan mempunyai tugas melaksanakan penyiapan penyusunan rencana anggaran DPRD dan Sekretariat DPRD, mengurus dan menatausahaan keuangan serta menyiapkan laporan pertanggungjawaban keuangan DPRD dan Sekretariat DPRD.
  • Untuk melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Kepala Bagian Keuangan mempunyai fungsi :
  1. penyusunan rencana dan program kegiatan Bagian Keuangan;
  2. pelaksanaan penyusunan Rencana Kerja Anggaran (RKA);
  3. penyusunan dan pelaksanaan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) dan Dokumen Perubahan Pelaksanaan Anggaran (DPPA);
  4. pengelolaan Keuangan Sekretariat DPRD dan DPRD;
  5. pengurusan keuangan untuk kegiatan DPRD;
  6. pelaksanaan administrasi keuangan dan pembayaran gaji pegawai;
  7. pelaksanaan verifikasi Surat Pertanggung Jawaban (SPJ) keuangan;
  8. penyusunan laporan keuangan;
  9. pengevaluasian dan pelaporan pelaksanaan tugas dan fungsi Bagian Keuangan; dan
  10. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Sekretaris DPRD baik secara tertulis maupun lisan sesuai dengan tugas dan fungsinya dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas.
 
Kepala Subbagian Anggaran mempunyai tugas :
  1. menyusun Rencana Strategis (Renstra) dan Rencana Kerja (Renja);
  2. menyiapkan bahan penyusunan rancangan perhitungan anggaran DPRD dan Sekretariat DPRD;
  3. menyusun Rencana Kerja Anggaran (RKA);
  4. menyusun dan melaksankan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) dan Dokumen Perubahan Pelaksanaan Anggaran (DPPA);
  5. menyusun Penetapan Kinerja (PK);
  6. melaksanakan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan fungsi Subbagian Anggaran; dan
  7. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bagian Keuangan baik secara tertulis maupun lisan sesuai fungsinya dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas.
Kepala Subbagian Perbendaharaan mempunyai tugas :
  1. menyiapkan dokumen dan kelengkapannya untuk pelaksanaan anggaran DPRD dan Sekretariat DPRD;
  2. menyusun petunjuk teknis pelaksanaan anggaran;
  3. menyusun Anggaran Kas (Angkas);
  4. menyiapkan Surat Penyediaan Dana (SPD);
  5. membuat SPP untuk meminta, menyimpan, mengelola dan mengeluarkan keuangan untuk kepentingan DPRD dan Sekretariat DPRD;
  6. menyusun laporan pertanggungjawaban penggunaan dan pengendalian keuangan DPRD dan sekretariat DPRD;
  7. melaksankan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan fungsi Subbagian Perbendaharaan; dan
  8. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kabag Keuangan baik secara tertulis maupun lisan sesuai dengan fungsinya dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas.
 
Kepala Subbagian Pembukuan dan Verifikasi mempunyai tugas :
  1. melaksanakn penelitian dokumen, kelengkapan surat pertanggungjawaban atau tanda bukti pengeluaran;
  2. melaksankan koordinasi kepada yang bersangkutan jika ditemukan dokumen yang tidak sesuai dengan pertanggungjawaban keuangan;
  3. melaksanakan penertiban pengesahan Surat Pertanggungjawaban keuangan;
  4. melaksanakan pembukuan Surat Pertanggungjawaban Keuangan yang telah ditandatangani atau disahkan;
  5. menyiapkan penyusunan laporan pengendalian terhadap surat pertanggungjawaban atau tanda bukti pengeluaran;
  6. melaksanakan pengelolaan tanda bukti pengeluaran atau surat pertanggungjawaban keuangan;
  7. melaksanakan evaluasi kecocokan atau kesesuaian Surat Pertanggungjawaban Keuangan berdasarkan pengalokasian dana yang telah ditetapkan;
  8. mengolah data dan informasi yang berhubungan dengan verifikasi dan pembukuan;
  9. menyiapkan bahan penyusunan kebijaksanaan pedoman dan petunjuk teknis dibidang verifikasi dan pembukuan;
  10. melaksanakan verifikasi dengan prinsip anggaran dalam rangka penerbitan dan melaksanakan pengendalian terhadap pelaksanaan belanja sekretariat DPRD;
  11. menyelenggarakan pembukuan secara sistematis dan kronologis atas pendapatan dan belanja daerah sesuai dengan ketentuan/peraturan yang berlaku;
  12. menyusun laporan berkala tentang realisasi anggaran pendapatan dan belanja daerah;
  13. menyusun perhitungan anggaran pendapatan dan belanja daerah berikut nota penjelasannya;
  14. melaksanakan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan fungsi Subbagian Pembukuan dan verifikasi; dan
  15. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bagian Keuangan baik secara tertulis maupun lisan sesuai dengan fungsinya dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas.